GATRA ARTIS BALI : YAN MERTA PERCAYAKAN ALBUM "RARE AMERTHA" KE-2 KEPADA MUSISI-MUSISI CILIK MULTI TALENTA ASAL KARANGASEM


GATRA ARTIS BALI : YAN MERTA PERCAYAKAN ALBUM "RARE AMERTHA" KE-2 KEPADA MUSISI-MUSISI CILIK MULTI TALENTA ASAL KARANGASEM

Lagu Bali Anak yang berbau Pendidikan Karakter, memang sudah sangat jarang didengarkan apalagi dinyanyikan oleh anak-anak jaman sekarang. Lagu-lagu lawas yang mengandung nilai-nilai Karakter serta pendidikan nampaknya sudah mulai ditinggalkan mengingat kesibukan para orang tua yang kadang kala tidak memiliki cukup waktu untuk bercanda dengan sang Buah Hati. Padahal, jika diamati serta dirasakan lagu-lagu anak pada jaman dahulu memiliki kandungan edukasi yang tidak bisa diragukan lagu manfaatnya. Contoh "Lagu Putri Cening Ayu", sarat makna serta kandungan karakter yang dahulu sangat sering dinyanyikan oleh orang tua kita saat meninabobokkan anaknya. Lagu "Meong-meong", sarat dengan permainan yang mendidik serta mengandung nilai edukasi yang luar biasa.


Karena pengaruh jaman, dan karya sangat mudah menyebar luas. Apalagi denganadanya akun youtube yang sangat mudah mengakses berbagai sumber informasi dan lagu yang lagi viral, menyebabkan konsumsi lagu dewasa ini sangat tak terbatas. anak-anakpun sangat mudah mendapat dan mengikuti lagu yang lagi trend/viral. Ada sisi baik namun ada juga sisi negatifnya. jika kita Pandai mencarikan lagu yang baik untuk anak, maka anak juga akan mendapatkan lagu yang sesuai dengan tahap perkembangannya. Namun, ketika kita sebagai orang tua lalai atau acuh tidak acuh maka, sang anak juga akan mengkonsumsi lagu-lagu dewasa yang sarat dengan kata-kata yang berbau percintaan, bahasa kasar (beberapa lagu yang memang sengaja dibuat kasar), lagu yang sarat akan makna kekerasan, lirik yang cenderung ke hal-hal pornografi dan lain sebagainya.


melihat dari berbagai Fenomena yang ada, Musisi " I Wayan Mertayasa" yang lebih dikenal dengan YAn Merta, kini tengah fokus menciptakan lagu-lagu yang berbau pendidikan Karakter dan edukasi. Yan merta mengungkapkan, lagu yang diciptakan kebanyakan tentang materi pelajaran, Lagu untuk memotivasi peserta didik agar mau rajin, mandiri, disiplin, mudah belajar membaca, menulis, dan menghitung, mengandung unsur agama, ajeg bali dan sebagainya. Ia mengaku banyak mendapatkan suntikan motivasi dari Musisi Kondang Om Sinung, dan Pak Taro, aktivis serta praktisi Permainan Tradisional Bali. Kini yan merta tengah mengkonsep album Anak yang Bertajuk "Rare AMertha" 2. Setelah sukses dengan album anak RAre Amertha 1, yang didukung penuh oleh JTO Record, dan Kementerian AGama Provinsi Bali, dan Kementerian Agama/ Kabupaten/Kota se Bali. Membuat Yan merta semakin semangat berkarya. Dengan adanya himbauan melalui Pergub Bali yang mewajibkan memakai Bahasa Bali seminggu sekali, kini yan merta tengah menggarap album yang berisikan 10 (Lagu) yang bernuansa pendidikan Berbahasa Bali.
Menurut Musisi, yang juga Owner Yayasan Amertha Yulia Ganesha, sudah menjadi tanggung jawabnya untuk memberikan sumbangsih kepada dunia pendidikan melalui Lagu Edukasi. Tahun ini, yan Merta menggaet Musisi Cilik Multi Talenta " Geg Listya" Putri dari Artis Gus Yudha, Dody Wirawan, ANggari Tayani, dan Kadek Wedana. Yan Merta bertekad untuk terus menyuguhkan lagu-lagu anak yang mudah diingat, mudah dihapal serta mengandung unsur-unsur pendidikan yang selama ini kurang diperhatikan oleh Para Orang Tua.

Mau tahu bagaimana lagu-lagunya, silakan tongkrongin terus Channel Youtube " PKBM Amertha Yulia Ganesha" dan jangan lupa di like, coment, dan share. Satu Lagi ingat di Subscribe dan menekan tombol locengnya untuk mendapatkan notifikasi karya-karya terbaru dari AYG Production. Lagu-lagu yan Merta masih digarap oleh Ganawangsa Pro. dan beberapa Rumah Produksi Lainnya. Jaya selalu Lagu-lagu anak. mari sama-sama berkarya dan berbuat untuk anak-anak kita.
Karena masa depan anak, sangat bergantung dari Doa serta bimbingan Orang tuanya, yang selalu mensuport dan memberikan pendidikan Parenting bagi Putra/inya.Beberapa Lagu yang sudah siap dinyanyikan oleh Artis-artis Rare AMertha antara lain:
1) Wuku Bali
2) Mabasa Bali Alus
3) Cecimpedan Bali
4) Bali Primadona
5) Pagi-pagi aku Nyapu
6) Tertib Berlalu Lintas
7) Anak Mandiri
8) Belajar Membaca
9) Om Swastyastu
10) Ciri-ciri Anak Baik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH RAJA KARANGASEM

CONTOH PROPOSAL PENGAJUAN PROGRAM TAHUN 2019 (PKBM AMERTHA YULIA GANESHA)

GATRA ARTIS BALI : TISON KEMBALI DENGAN JAJE SUMPING