INFO PENDIDIKAN : PASRAMAN AMERTHA YULIA GANESHA DIUNDANG MENJADI SALAH SATU PRAKTISI KEGIATAN REVIEW PEDOMAN DAN STRUKTUR KURIKULUM SERTA PENYUSUNAN SILABUS PENDIDIKAN KEAGAMAAN HINDU PASRAMAN FORMAL


INFO PENDIDIKAN : PASRAMAN AMERTHA YULIA GANESHA DIUNDANG MENJADI SALAH SATU PRAKTISI KEGIATAN REVIEW PEDOMAN DAN STRUKTUR KURIKULUM SERTA PENYUSUNAN SILABUS PENDIDIKAN KEAGAMAAN HINDU PASRAMAN FORMAL

Kementerian Agama yang dalam Hal ini Dirjen Bimas Hindu menyelenggarakan kegiatan  Review Pedoman, dan Struktur Kurikulum serta penyusunan silabus Pendidikan Keagamaan Hindu tanggal 25-27 September 2019 yang bertempat di Vasini Hotel Denpasar. Kegiatan ini bertujuan untuk menyempurnakan Rancangan Pedoman dan Juknis Pendirian Ijin Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Keagamaan Hindu, Penyempurnaan Standarisasi Pedoman Pengelolaan Satuan Pendidikan dan Struktur Kurikulum Pendidikan Keagamaan Hindu, Penyempurnaan Kurikulum Pratama Widya Pasraman /PAUD Hindu, Adi Widya Pasraman / SD, Madyama Widya Pasraman /SMP Hindu, Penyempurnaan Silabus Pendidikan Keagamaan Hindu Tingkat Pratama, Adi, dan Madyama Widya Pasraman. 

dalam Hal ini, Kementerian Agama dalam hal ini Dirjen Bimas Hindu memberikan kesempatan kepada segenap praktisi dan Pakar serta akademisi dari Kabupaten/Kota se Bali untuk turut dalam kegiatan ini. adapun Peserta yang dilibatkan dalam kegiatan ini berasal dari :
a) Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI,
b) STAHN Mpu Kuturan Singaraja;
c) Pasraman Amertha Yulia Ganesha, Kabupaten Karangasem-Bali,
d) TK Raisma Putra;
e) TK Negeri Pembina Gianyar;
f) PWP Rsi Markandya;
g) PAUD Kumara Dharma Kerti;
h) STKIP Singaraja;
i) SD 17 Dauh Puri;
j) SDN 5 Sebatu;
k) AWP Rsi Markandya;
l) MWP Rsi Markandya;
m) SMPN 7 Denpasar;
n) SMPN 2 Abang;
o) Kemenag Kabupaten Buleleng;
p) SDN 2 Dalung
q) SDN 12 Padang Sambian;
r) PWP Saraswati
s) SMPN 1 Bangli;
t) Pasraman Wiweka Nanda.


Teknis kegiatan yang dilakukan adalah dengan membagi peserta menjadi beberapa kelompok kerja yang diberikan permasalahan yang untuk selanjutnya didiskusikan untuk menemukan solusi.  adapun kelompok kerja yang dibentuk diberikan permasalahan antara lain:
* Pedoman Pendirian Pendidikan Keagamaan Hindu;
* Petunjuk Teknis Pendirian Pendidikan Keagamaan Hindu;
* Struktur Kurikulum Pratama Widya Pasraman;
* Struktur Kurikulum Adi Widya Pasraman;
* Struktur Kurikulum Madyama Widya Pasraman;
* Silabus Adi Widya Pasraman;
* Silabus Madyama Widya Pasraman;
* Review PMA Nomor 56 Tahun 2014.


Metode Kerja kelompok diharapkan mampu menghasilkan pemikiran yang matang terkait arah penyelenggaraan Pasraman Formal kedepannya. Dengan adanya Pasraman diharapkan akan lahir lembaga-lembaga Pendidikan yang bisa berjalan dan bergandengan dengan Program yang dicanangkan oleh Pemerintah. Pasraman Formal merupakan sebuah wadah pendidikan keagamaan yang mempunyai tujuan sebagai berikut:
a. Menanamkan kepada Peserta didik (Brahmacari) untuk memiliki Sradha dan Bhakti kepada Brahman (Tuhan Yang Maha Esa);
b. Mengembangkan kemampuan, pengetahuan, sikap dan keterampilan Brahmacari untuk menjadi ahli Ilmu Agama Hindu dan memiliki ilmu pengetahuan, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab terhadap pemahaman Weda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH RAJA KARANGASEM

CONTOH PROPOSAL PENGAJUAN PROGRAM TAHUN 2019 (PKBM AMERTHA YULIA GANESHA)

GATRA ARTIS BALI : TISON KEMBALI DENGAN JAJE SUMPING