WARTA DESA : DESA PEMPATAN MENDUKUNG PENUH KEGIATAN PENDIDIKAN PKBM AMERTHA YULIA GANESHA

WARTA DESA : DESA PEMPATAN MENDUKUNG PENUH KEGIATAN PENDIDIKAN PKBM AMERTHA YULIA GANESHA

Sebagai salah satu lembaga Pendidikan Non Formal di Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. PKBM Amertha Yulia Ganesha terus meningkatkan Sinergitas dan Kerjasama dengan berbagai Pihak salah satunya adalah dengan Pemerintah Desa. Sebagai Lembaga Pendidikan PAUD dan Dikmas yang memang komit menyelenggarakan Pendidikan dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, Keaksaraan, Kesetaraan, life Skill, Taman Bacaan Masyarakat dan Pesraman, PKBM Amertha Yulia Ganesha menyadari tidak akan mampu berkembang jika tidak ada dukungan di dalamnya. Hal ini terlihat dari mengalirnya berbagai dukungan yang datang kepada Lembaga yang dirintis oleh anak-anak muda ini. I Wayan Mertayasa, S.Pd., M.Pd Ketua PKBM Amertha Yulia Ganesha menuturkan PKBM Amertha Yulia Ganesha adalah Lembaga Pendidikan milik Masyarakat, jadi siapapun bisa bergabung dan belajar disini. Kami tidak pernah membatasi usia masyarakat yang mau belajar, kami memiliki program pendidikan yang lengkap jadi siapapun bisa, asalkan mau dan tidak dipaksakan.


Walaupun tergolong Lembaga yang baru, namun PKBM Amertha Yulia Ganesha sudah mampu unjuk gigi di berbagai Event. Ini terbukti dari banyaknya penghargaan yang diraih, baik oleh Peserta didik, Warga Belajar, Tutor, Instruktur maupun Pengelola. Hampir disetiap event, PKBM Amertha Yulia Ganesha selalu memborong Penghargaan. Ini juga membuat Bapak I Nengah Suta (Perbekel Pempatan) mengapresiasi, dan Menyatakan Dukungan kepada Lembaga PKBM Amertha Yulia Ganesha. Bapak Perbekel berpesan, agar PKBM Amertha Yulia Ganesha selalu melakukan koordinasi dengan Desa terkait kegiatan-kegiatan pendidikan yang diselenggarakan, Desa Pasti mendukung. Ujar Beliau.

Pernyataan senada juga diucapkan oleh Bapak Kepala Bidang PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem Bapak Nyoman Adil, disela-sela memberikan sambutan beliau mengumpamakan PKBM Amertha Yulia Ganesha seperti Payuk isi Berem, kecil kelihatannya namun di dalamnya kaya prestasi dan kegiatan.


Dukungan-dukungan seperti ini, akan membuat segenap jajaran PKBM Amertha Yulia Ganesha, semakin berbenah dan meningkatkan layanan di PKBM Amertha Yulia Ganesha. Yan Merta yang juga Asesor BAN PAUD dan PNF Bali menyatakan, PKBM Amertha Yulia Ganesha memang tengah berbenah dan akan terus berbenah kedepan PKBM Amertha Yulia Ganesha juga akan membuka Program Baru yakni Program SMP, Kursus dan Pelatihan serta Pelatihan Kerja, sehingga semua kebutuhan masyarakat bisa kami akomodir.


Yan Merta juga menyampaikan, kini PKBM Amertha Yulia Ganesha tengah membangun Gedung baru dan Menyediakan tambahan Sarana-dan Prasarana yang sekiranya mampu menunjang proses Belajar mengajar di PKBM Amertha Yulia Ganesha. Walaupun tertaih-tatih dan swadaya namun, keikhlasan dan komitmen akan menghantarkan PKBM Amertha Yulia Ganesha terus eksis di Bantika Pendidikan Karangasem dan Indonesia.


Semoga apa yang dicita-citakan bisa direalisasikan itulah Doa yang selalu terucap. Hal ini juga didukung oleh salah satu Tutor Aktif PKBM Amertha Yulia Ganesha I Komang Sudiantara, S.Pd.Gr yang dipercaya untuk mengelola Program SMP kedepannya. Menurut Komang, PKBM Amertha Yulia Ganesha adalah lembaga yang memang memiliki integritas untuk mendukung program pemerintah salah satunya adalah pengentasan Buta Aksara dan Wajib Belajar 12 Tahun, jika ingin memajukan Desa mari kita benahi dulu Mindset masyarakatnya agar mau belajar dan bersekolah, jika masyarakatnya cerdas maka desanya pasti maju, ujarnya yang juga sebagai Owner SS Farm dan Pengelola Tri Giri Widya Foundation.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH RAJA KARANGASEM

CONTOH PROPOSAL PENGAJUAN PROGRAM TAHUN 2019 (PKBM AMERTHA YULIA GANESHA)

GATRA ARTIS BALI : TISON KEMBALI DENGAN JAJE SUMPING