PKBM AMERTHA YULIA GANESHA KOMITMEN SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN NON FORMAL YANG BERTEKAD MENGURANGI ANGKA BUTA AKSARA DI KABUPATEN KARANGASEM


PKBM AMERTHA YULIA GANESHA KOMITMEN SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN NON FORMAL YANG BERTEKAD MENGURANGI ANGKA BUTA AKSARA
 DI KABUPATEN KARANGASEM

Program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) adalah bentuk layanan  program  melestarikan  keaksaraan  dengan memberdayakan masyarakat  melalui kewirausahaan. tujuan utama dari program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) adalah meningkatkan keberdayaan penduduk buta aksara usia 15 tahun keatas melalui peningkatan pengetahuan, sikap, keterampilan dan berusaha secara mandiri. Dalam hal ini masyarakat di berikan keterampilan guna mengembangkan potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada sehingga masyarakat menjadi berdaya. Pemberdayaan masyarakat melalui program Keaksaraan Usaha Mandiri  dalam proses kegiatan pembelajarannya menekankan pada pendidikan ketrampilan yang berpeluang menjadi suatu bidang usaha yang sesuai dengan minat dan potensi yang dimiliki  oleh warga belajar.Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1. Bagaimana pelaksanaan program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) 2. Bagaimana pemberdayaan masyarakat di PKBM Amertha Yulia Ganesha? 3. Apakah ada hubungan pelaksanaan pendidikan Keaksaraan Usaha Mandiri(KUM) dengan Pemberdayaan Masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah warga belajar program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) berjumlah 90 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik angket diuji dengan menggunakan teknik uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah product moment, teknik belah dua, serta menghitung mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara pelaksanaan Program Kaksaraan Usaha Mandiri (KUM) dengan pemberdayaan masyarakat menunjukkan nilai 0,439 ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan termasuk dalam kategori sedang. Yang artinya semakin baik pelaksanaan program Keaksaraan Usaha Mandiri maka akan semakin baik pula pemberdayaan masyarakatnya.

Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) program is a service for preserve literacy program with empowerthe societies through entrepreneur. The main goal of Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) program is to improve the ability of illiterate societies for ages up to 15 years through improving the knowledge, attitude, skill and have self-employed. In this case, the societies are given skilled to developthe existence of human resources and natural resources potential thusthe societies become powerful. Empowering the societies through Keaksaraan Usaha Mandiri program in the activity of learning process emphasize in skilled education which give opportunity to become appropriate job vacancy with interest and potential of the societies.The research questions of this study are as follows: 1. How the implementation of Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) program? 2. How is the empowering of the societies in PKBM Amertha Yulia Ganesha? 3. Is there any relationship between the implementation of Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM)education with Empowering the Societies?. The design of this study is quantitative approach. The sample of the study is the 40 people of Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) program. The data collection technique is to use questionnaire, observation, and documentation. The questionnaire is tested with using validity test and reliability to know the validity and reliability instruments. The data analysis technique is product moment, double division technique, technique and counting the mean. The result of the research show that relation between implementation of Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) with community empowerment that have 0,439 value show a positive correlation, including in regular category that have a meaning if the implementation of Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) is better, the better community empowerment also.

Bersambung......
PKBM Amertha Yulia Ganesha
Admin

Komentar

  1. PKBM AMERTHA YULIA GANESHA KOMITMEN SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN NON FORMAL YANG BERTEKAD MENGURANGI ANGKA BUTA AKSARA
    DI KABUPATEN KARANGASEM

    Program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) adalah bentuk layanan program melestarikan keaksaraan dengan memberdayakan masyarakat melalui kewirausahaan. tujuan utama dari program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) adalah meningkatkan keberdayaan penduduk buta aksara usia 15 tahun keatas melalui peningkatan pengetahuan, sikap, keterampilan dan berusaha secara mandiri. Dalam hal ini masyarakat di berikan keterampilan guna mengembangkan potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada sehingga masyarakat menjadi berdaya. Pemberdayaan masyarakat melalui program Keaksaraan Usaha Mandiri dalam proses kegiatan pembelajarannya menekankan pada pendidikan ketrampilan yang berpeluang menjadi suatu bidang usaha yang sesuai dengan minat dan potensi yang dimiliki oleh warga belajar.Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1. Bagaimana pelaksanaan program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) 2. Bagaimana pemberdayaan masyarakat di PKBM Amertha Yulia Ganesha? 3. Apakah ada hubungan pelaksanaan pendidikan Keaksaraan Usaha Mandiri(KUM) dengan Pemberdayaan Masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah warga belajar program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) berjumlah 90 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik angket diuji dengan menggunakan teknik uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah product moment, teknik belah dua, serta menghitung mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara pelaksanaan Program Kaksaraan Usaha Mandiri (KUM) dengan pemberdayaan masyarakat menunjukkan nilai 0,439 ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan termasuk dalam kategori sedang. Yang artinya semakin baik pelaksanaan program Keaksaraan Usaha Mandiri maka akan semakin baik pula pemberdayaan masyarakatnya.

    Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) program is a service for preserve literacy program with empowerthe societies through entrepreneur. The main goal of Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) program is to improve the ability of illiterate societies for ages up to 15 years through improving the knowledge, attitude, skill and have self-employed. In this case, the societies are given skilled to developthe existence of human resources and natural resources potential thusthe societies become powerful. Empowering the societies through Keaksaraan Usaha Mandiri program in the activity of learning process emphasize in skilled education which give opportunity to become appropriate job vacancy with interest and potential of the societies.The research questions of this study are as follows: 1. How the implementation of Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) program? 2. How is the empowering of the societies in PKBM Amertha Yulia Ganesha? 3. Is there any relationship between the implementation of Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM)education with Empowering the Societies?. The design of this study is quantitative approach. The sample of the study is the 40 people of Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) program. The data collection technique is to use questionnaire, observation, and documentation. The questionnaire is tested with using validity test and reliability to know the validity and reliability instruments. The data analysis technique is product moment, double division technique, technique and counting the mean. The result of the research show that relation between implementation of Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) with community empowerment that have 0,439 value show a positive correlation, including in regular category that have a meaning if the implementation of Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) is better, the better community empowerment also.

    BalasHapus
  2. PKBM Amertha Yulia Ganesha, merupakan salah satu PKBM yang terdapat di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Lokasi PKBM tepatnya di Banjar Dinas Kubakal, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem-Amlapura, Bali. PKBM ini sudah mengantongi ijin dari Dinas terkait, dengan SK Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangaem, nomor :421.9/238/PNFI/PNF-PO/Disdikpora/2015, berdasarkan akta pendirian Nomor : 07, tanggal 29 Januari 2013 Notaris Ida Ayu Kalpikawati, SH, SpN, dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) Nomor : P9926367, dan sudah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) PAUD dan PNF Republik Indonesia dengan Nomor : PKBM 5107 00001 12 2016 untuk Program Kesetaraan Paket B dan No. PAUD 5107 00002 12 2016 untuk Program taman Kanak-kanak sementara Program Kesetaraan Paket A, KB, dan Paket C sudah masuk sispena tinggal menunggu visitasi Asesor BAN Provinsi Bali.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH RAJA KARANGASEM

CONTOH PROPOSAL PENGAJUAN PROGRAM TAHUN 2019 (PKBM AMERTHA YULIA GANESHA)

GATRA ARTIS BALI : TISON KEMBALI DENGAN JAJE SUMPING