TBM GANESWARA SP SKB KAB KARANGASEM, TERUS BERBENAH MENUJU TBM BERBASIS IT


TBM GANESWARA SP SKB KAB KARANGASEM, TERUS BERBENAH
 MENUJU TBM BERBASIS IT

Taman Bacaan Masyarakat merupakan tempat bagi masyarakat untuk belajar dan membaca. Taman Bacaan Masyarakat yang biasa dikenal dengan TBM ini, adalah tempat yang sengaja didesain khusus oleh Satuan Pendidikan agar dapat menumbuhkan Budaya Literasi masyarakat.
Kenapa Penting Membangun TBM di Masyarakat?

TBM Hendaknya diselenggarakan di masing-masing Desa/Lembaga. hal ini dikeranakan karena minat baca masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Desa Masih sangat Rendah. Berdasarkan Indeks Nasional, minat baca masyarakat Indonesia hanya berada di kisaran 0,01% jika dibandingkan dengan negara maju yang sudah mencapai Indeks Membaca 0,45%-0,62%. Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan sangat berdampak pada mutu sumber daya manusia (SDM) masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Desa. Oleh Karena itu, TBM Ganeswara SP SKB Karangasem terus berinovasi untuk membuat gerakan Literasi, salah satunya adalah TBM Berbasis IT. Kenapa IT? Hal ini dikeranakan, karena jaman sekarang ini, hampir semua orang menggunakan Media sosial/Medsos. dari anak-anak sampai dewasa hampir setiap hari tidak bisa lepas dari yang namanya HP dan Internet. Oleh karena itu, dengan penerapan TBM berbasis IT maka User/Masyarakat akan lebih bijak menggunakan media sosial. dalam artian mereka akan lebih sering mendapatkan informasi yang dengan mudah mereka dapatkan di Internet. 

TBM Ganeswara, dilengkapi dengan Sarana Komputer dan Wifi. Hal ini akan sangat mempermudah Pustakawan/Pengelola TBM Ganeswara  dalam rangka menarik minat masyarakat/Warga Belajar agar mau membaca.


Oleh : 
I Wayan Oka
SP SKB Karangasem

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH RAJA KARANGASEM

CONTOH PROPOSAL PENGAJUAN PROGRAM TAHUN 2019 (PKBM AMERTHA YULIA GANESHA)

GATRA ARTIS BALI : TISON KEMBALI DENGAN JAJE SUMPING