Warta Pendidikan Karangasem : I WAYAN MERTAYASA, S.PD.M.PD PENGELOLA PKBM AMERTHA YULIA PENUH PERJUANGAN MEMBANGUN PKBM

 

Warta Pendidikan Karangasem : 
I WAYAN MERTAYASA, S.PD.M.PD PENGELOLA PKBM AMERTHA YULIA PENUH PERJUANGAN MEMBANGUN PKBM

Keberadaan PKBM (Pusat Kegiatan Masyarakat) di Bali Khususnya di kabupaten Karangasem-Amlapura, Provinsi Bali dari tahun ke tahun nampaknya terus mengalami perkembangan yang cukup pesat. hal ini dikeranakan karena masyarakat sudah sadar akan pentingnya pendidikan. tanpa pendidikan masayarakat tidak akan mengenal dunia, masyarakat tidak akan tahu akan suatu peristiwa bahkan mirisnya masyarakat tidak akan tahu cara menghasilkan Uang. Oleh karena itu, melalui Program yang dikembangkan di PKBM, khususnya PKBM Amertha Yulia Ganesha yang beralamat di banjar Dinas Kubakal, desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, I Wayan Mertayasa, Pengelola PKBM Amertha Yulia Ganesha yang baru saja selesai menempuh pendidikan Magister Pendidikan di Kampus Pasca Sarjana UNHI Denpasar ini mengakui. dalam mengembangkan PKBM memang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.


diperlukan usaha yang nyata dan semangat juang yang tinggi dalam usaha membangun dan mengembangkan Program-program di PKBM. terkadang Pengelola PKBM harus jemput bola dalam usaha rekrutmen Peserta Didik. apalagi WB sebutan Peserta didik di PKBM berasal dari berbagai kalangan ekonomi. Yan merta mengakui, sebagai seorang Direktur PKBM, Ia harus bisa memposisikan diri diberbagai bidang. terkadang Ia harus bisa bijak ketika menjadi Ketua, namun Ia juga harus bisa menjadi Cleaning Service tatkalapegawai tidak ada yang masuk. mengingat Kesejahteraan Tutor di PKBM belumlah selayak ASN/PNS




Menjadi Tutor adalah Pekerjaan yang mulia karena harus bisa profesional walaupun gaji pas-pasan dan terkadang harus norokin. PKBM Amertha Yulia Ganesha merupakan lembaga Pendidikan sekaligus lembaga sosial yang telah mengantongi Badan Hukum dan Ijin Operasional dari Dinas terkait dalam pengembangan Pendidikan di Masyarakat. PKBM Amertha Yulia Ganesha telah menyelenggarakan berbagai Tingkatan Pendidikan mulai dari Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang meliputi Program PAUD Hindu, TK, dan KB, Kesetaraan Paket A, B, dan C, serta pemberian Life skill untuk masyarakat Produktif dan Perempuan Marginal.

PKBM Amertha Yulia Ganesha juga sering melibatkan warga belajarnya untuk mengikuti berbagai ajang Lomba baik tingkat Lokal, Kabupaten, Provinsi dan Nasional. Ini menyebabkan PKBM amertha Yulia Ganesha kini mulai dikenal di Khalayak masyarakat Luas. PKBM Amertha Yulia Ganesha juga sudah mengantongi berbagai Prestasi yang sekiranya merupakan cerminan bahwa Lembaga yang dikelola oleh yan Merta ini adalah lembaga yang eksis dan Kredibel.


Tahun ini, melalui Program Beasiswa Karangasem Cerdas, pemerintah berusaha membangkitkan Gelian Masyarakat untuk sekolah dengan Pemberian Beasiswa. Beasiswa KKC ini diperuntukkan untuk masyarakat yang Notabenanya menengah ke Bawah.
Beasiswa yang bisa didapat oleh WB Amertha Yulia Ganesha dengan Rincian Paket A : 800.000/Tahun, Paket B : 1.000.000/th dan Paket C sebesar 1.200.000)/Tahun




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH RAJA KARANGASEM

CONTOH PROPOSAL PENGAJUAN PROGRAM TAHUN 2019 (PKBM AMERTHA YULIA GANESHA)

GATRA ARTIS BALI : TISON KEMBALI DENGAN JAJE SUMPING